18 Januari, 2009

Meditasi Sederhana

Setelah mengikuti acara kemarin malam, hati ini sebenarnya tidak merasa puas, bahkan saya merasa bahwa beberapa hal seharusnya tidak saya lakukan saat itu. Beberapa kali saya juga mengutuk beberapa orang dengan keegoisan saya.
Samapi di rumah, saya tidak langsung mandi. saya malah jalan entah kenapa untuk meneangkan hati ini. saya benar - benar merasa dongkol dengan keadaan tadi. keadaan yang seharusnya saya nikmati.
Berjalan - jalan ternyata tidak membuat hati saya tenang. kembali saya diam. Bingung mau ngapain? Tetap tidak ada hasrat mandi. meski saya merasa berat dengan make up yang saya pikir terlalu berlebihan bagi saya. Pada saat break acara pun saya berusaha untuk menghapus make up itu di wajah saya.
Akhirnya saya pindah tempat untuk berdiam diri. Saya pindah ke Restroom. My Fav Place sebenarnya. Dan menemukan kembali buku "Menjadi bebas dimanapun Anda berada" pengarangnya Thich Nhat Hanh. Buku ini mengajarkan beberapa sutra dari Buddha. Beberapa buku beliau ini saya dapatkan dari teman kantor yang sudah keluar. Terima kasih untuk Anda Bapak Salimin dimanapun anda berada. Teman anda menyerahkan buku ini pada saya. karena saya pikir ada buku di tetangga dept. saya tapi dibiarkan berantakan. Akhirnya penunggu kantor meminta saya untuk membawa saja buku ini. Terima kasih juga Bu tari.
Yang luar biasa saya dapatkan dari buku ini adalah Saya merasa saya tidak sendirian menanggung rasa gondok di dada ini. Bhikku mengajarka beberapa tips meditasi sederhana yang membantu saya melewatkan malam kemarin. berikut salah satu meditasi yang saya lakukan malam itu. Its Work ! beneran.

yang saya lakukan adalah duduk dengan posisi yang seimbang. Kemudian saya memusatkan perhatian saya pada pusar. tarik nafas dan keluarkan dengan dalam dan sadari naik turunnya abdomen. pusatkan perhatian tetap pada pusar dan rasakan perut bagian bawah turun naik, selaras dengan nafas. lakukan selama lima belas menit.

Latihan meditasi tersebut berhasil membuat saya lebih tenang, dan saya melakukannya lagi setelah saya membersihkan wajah. Akhirnya saya bisa tidur lelap setelah itu. jadi bagi anda yang membaca tulisan saya ini. Coba deh, meski anda sedang tidak dalam keadaan gundah atau emosi. Menyenangkan kok!
Selamat mencoba. Sekarang saya istirahat dulu, karena besok Senin. hari dimana saya harus kembali membutuhkan meditasi lagi. Untuk berlatih.

Tidak ada komentar: